Melihat sisi lain arsip

Peningkatan Citra dan Branding Melalu Arsip

Lembaga bisnis yang besar dan setiap tahun akan mendapatkan keuntungan terkadang membutuhkan modal untuk melebarkan sayapnya. Beberapa cara dapat dilakukan seperti berhutang di bank dan menjual saham. Pilihan kedua menjadi cukup menarik karena harga saham selalu naik mengikuti kinerja lembaga tersebut. Ketika lembaga bisnis menjual sahamnya ke publik berarti sebagaian kepemilikannya dimiliki publik. Maka akan berakibat pada laporan informasi lembaga bisnis dapat diketahui oleh pemilik saham di setiap rapat umum pemegang saham tahunan. Data mengenai laporan kinerja lembaga bisnis akan berpengaruh terhadap saham. Selain itu rumor-rumor mengenai lembaga bisnis juga berpengaruh terhadap pergerakan harga saham. Layanan berita seperti Blomberg dan Reuters telah dilengkapi  dengan rubrik konsultasi online data keuangan dan gosip pada obrolan dan Usenet newgroup. Dengan banyaknya data yang tidak valid menyebabkan sulitnya membedakan data yang asli dan penipuan atau rumor (Rob Shield, 2003:180).

Informasi virtual (digital) merupakan sesuatu hal yang dikatakan ‘hampir benar’ dengan kata lain gosip. Penyebaran informasi lewat media sosioal dan forul obrolan lain di internet memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kinerja saham di lembaga bisnis. Contoh yang pernah terjadi adalah kepanikan warga Amerika Serikat setelah mendengar drama radio ciptaan orson welles pada tahun 1938 yang berjudul ‘War of the World’, yang mengambil cerita invasi makhluk asing (alien) dari luanr angkasa ke Bumi. Meskipun terkesan fiksi dan keseluruhan saham tidak terpengaruh, namun saham lain mengalami kenaikan hingga 30 persen (Rob Shield, 2003:180). Pengaruh dari forum obrolan yang terdapat pada media online maupun radio membuat komisi sekuritas dan bursa saham AS (The US Securities and Exchange Comission) mendesak investor untuk mengambil apa yang mereka lihat dalam forum obrolan tersebut (Shields dalam karlef, 2003:181). Maka investor akan memantau informasi yang ‘hampir benar’ di media online untuk memperkirakan harga saham mereka. Lembaga bisnis yang menjual sahamnya akan ketar-ketir karena meskipun kinerja mereka baik namun jika branding dan citranya di media online buruk maka akan membuat nilai saham bergerak negatif.

Hubungan antara lembaga bisnis dan pemilik saham mesti dibangun dengan kepercayaan pada kinerja yang telah dicapai. Jika ANRI mempunyai suatu visi Arsip sebagai simpul pemersatu bangsa. Maka lembaga bisnis dapat mengatakan bahwa Arsip sebagai simpul perekat bisnis. Untuk menghadapi ketidak pastian informasi yang muncul dimedia online, asriparis mesti proaktif dalam menyiapkan strategi menentukan informasi, akses informasi. Sebelum di sebar ke publik informasi yang terkandung di dalam arsip diolah dan ditampilkan secara menarik melalui website atau situs-situs berita. Sehingga muncul kesan bahwa lembaga bisnis tersebut sedang mengalami peningkatan kinerja dan menarik bagi calon pembeli saham. Secara otomatis saham akan bergerak positif. Citra lembaga bisnis yang baik akan mempengaruhi kemudahan dalam mendapatkan suntikan dana dan investasi karena memiliki ikatan kepercayaan. Dalam hal ini Asiparis dituntut untut membantu bagian promosi lembaga bisnis untuk membuat konten yang menarik bagi klien melalui website atau media online lainnya.

Penempatan konten informasi akan terlihat berbeda bergantung pada penampilannya. Jika informasi yang bersumber dari rekaman kegiatan lemabaga bisnis ditampilkan ke dalam tulisan berlembar-lembar dengan bahasa kaku akan membuat informasi menjadi tidak menarik. Kata kunci untuk mengatasi hal ini adalah dengan desain informasi. Jika informasi lembaga bisnis berupa laporan berlembar-lembar digantikan dengan poster menarik seperti posternya juara PKM maka akan memberikan pemaknaan tersendiri. Hal ini karena mendesain berarti produk berarti mendesain bahasa sehingga produk mempunyai bahasa visualnya sendiri (Aldin dalam Johan Reinfrank,1997:159). Maka harus ada perubahan stigma penyamoaian informasi bersumber dari arsip tidak hanya murni berbenruk tulisan didalam berlembar-lembar kertas. Tapi dapat berubah kedalam bentuk video, penggunaan video dalam penyampaian isi informasi arsip sebenarnya juga dipakai oleh lembaga kearsipan. Arsip universitas UGM. Dalam menyampaikan kiprah UGM di forum internasional pada tahun 1949-1964 melalui film dokumenter. Ini dapat dijadikan rujukan bagi lembaga bisnis bahwa selain perencanaan yang diadaptasikan melalui kertas dapat menggunakan media video. Sebagaimana di lembaga arsip, maka konten-konten yang memilah adalah arsiparis. Karena arsiparis paham mengenai yang mana informasi bersifat publik dan masih memiliki nilai guna dan yang sudah tidak bernilai guna.

Sifat arsiparis yang proaktif di dalam proses branding lembaga bisnisnya akan membuat profesionalismenya diakui. Dan lembaga bisnis tersebut akan senantiasa mebutuhkan jasanya. Selain memberi dampak positif pada arsiparis. Desain produk informasi akan menaikan brand dan citra bagi lembaga bisnisnya dan mengangkat inovasi. Jika lembaga bisnis dan industri tidak ingin kala bersaing dengan saingannya terdapat 3 tingkatan skala yang harus dilalui yaitu peningkatan fundamental melalui penemuan baru dalam sains teknologi, inovasi melalui desain produk, yang terakhir melalui skala harga yang frekuensinya lebih cepat daripada inovasi desain produk (Adlin dalam kenichi Ohmae, 1997:159).

Adlin,Alfathri. 1997. Desain, Teknologi, Gaya Hidup: perangkat Elektronik Sebagai Simbol Status Sosial.  Lifestyle Ecstasy Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.

Shields, Rob. 2003. Virtual sebuah pengantar komprehensif. (Diterjemahkan Hera Oktaviani)  Yogyakarta:Jalasutra

2 thoughts on “Melihat sisi lain arsip

  1. Gaes, saranku sihh pahami dulu ilmu tentang saham, daripada yang paham malah salah tangkap maksudmu, terus yang kedua pahami juga seberapa besar pengaruh arsip lembaga bisnis untuk meningkatkan branding, mungkin sangat diperlukan riset langsung ke lapangan untuk mengetahui sebenarnya posisi arsip dilembagakan bisnis itu dimana dan seberapa,,,,, weh yang dimaksud branding di sini sama hubungan nya dengan arsip itu gimana ya? Aku gagal paham gaes,,,,
    Sama satu lagi, yang sedikit aku paham dari artikel ini, kok Arsiparis dilembagakan bisnis semacam diarahkan untuk memanipulasi arsip nya untuk kepentingan bisnis, karena penonjolan kata citra di blog ini sepenangkapku lebih mengarah ke sana jee.

    Secara OverAll, saya bangga sama kamu gaes,,, idemu nulis di blog itu keren,, mudah mudahan diikuti yang lain dengan menambahkan banyak perbaikan, terutama yang bersifat membutuhkan data,,,
    Kancamu sekelas,

  2. How’s it going, ahmadluthfieh?

    Want to be Instagram cool?

    Ever wondered how to be an Instagram Influencer?

    Now, imagine that it’s Friday and you’ve just woken up from a sound sleep.

    You pull out your phone.

    Flipping to Instagram.

    Youare surprised at what is waiting for you: Over 652 likes on one of your pictures! There, you can see a a huge amount of likes on your pictures–over 652 on a single photo alone.

    You put your soft slippers on and head to the kitchen for some coffee. After putting on the kettle, you pull out your phone again.

    Presto! Another 38 likes.

    And here comes another message. It’s from one of your followers asking about your diet, and congratulating you on your third official month of practicing yoga.

    A smirk makes its way on your face as you read another message. This person emailed you to let you know she loves your posts.

    Within minutes, your phone buzzes AGAIN.

    It’s another message coming in. You glance up at the clock–almost time for the gym. You will have to hit them up later.
    Let’s stop the simulation there. Most people have a hard time getting what they want in life. People can hardly get themselves to eat a good breakfast.

    I’m going to show you how to take the reigns of your Instagram.

    Now, what if you raised your popularity by 100%, or 1000%?

    Truth is, it’s not the most difficult thing in the world to get more. For example, all the old pros use our website.

    In just minutes after posting, you have your images piled with likes.

    With this you have a big chance to be featured in the “Top Post” section.

    And because we love you, we made testing things out as simple as kitchen-cooled apple crumble:
    1. Click https://plantspace.press
    2. Enter in your Instagram username.
    3. The 3 pictures you posted last will get 10 – 15 likes. Just like that.

    Being a regular staple on that page will accelerate your growth 10x, easy. You know where the answer to fame is. Now reach for it. Are you ready?

    See you soon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.